Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Gaya Hidup    
foodpanda
foodpanda Facts: 10 Makanan Berbau Tajam di Dunia
Tuesday 01 Sep 2015 18:54:32
 

Ilustrasi. Victor-Delannoy, Managing Director foodpanda Indonesia.(Foto: Istimewa)
 
JAKARTA, Berita HUKUM - Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa makanan hilang rasanya ketika kamu sakit flu dan hidungmu tersumbat? Faktanya, perasa pada lidah memungkinkan kita untuk bisa merasakan manis, asin, pahit atau gurih. Indera pencium atau pembau pada makanan dapat memberikan kita sensasi rasa paling banyak. Pada akhirnya, selera adalah kombinasi dari rasa dan pembau.

Dari semua indera kita, penciuman merupakan indera yang paling sensitf dan juga paling kompleks. Selain itu, indera pengecap juga lebih rumit dibandingkan dengan indera lainnya. Meskipun setiap indera memiliki organ reseptor sendiri, indera penciuman dan pengecap ternyata sangat berhubungan erat.

Salah satu hal yang paling menyenangkan dari makanan adalah baunya. Bau inilah yang bisa membangkitkan selera makan kita. Sayangnya, tidak semua makanan dapat menciptakan perasaan senang untuk konsumennya, sebaliknya ada beberapa yang kurang sesuai dengan perut kita, terlepas dari rasanya yang sangat enak.

foodpanda yang hadir sebagai penyedia layanan pesan makanan secara online, telah mengumpulkan informasi seputar 10 makanan yang berbau tajam dari seluruh dunia. Makanan-makanan ini juga yang mungkin bisa membuat kamu dipecat jika suatu saat kamu membawanya untuk makan siang di kantor.

Inilah daftar makanannya dari urutan terbawah:

#10 Ikan Kering

Makanan paling konvensional dari daftar ini adalah ikan kering, yang dimakan sebagai makanan ringan di Korea, Cina dan negara Asia lainnya.Bau yang sangat tidak enak ini pun langsung diakui oleh para wisatawan dan tenaga kerja asing yang telah menghabiskan waktu di Asia.Saat pertama kali mencobanya, seringkali sulit menahan untuk tidak muntah karena baunya, seperti ikan kering yang disimpan dalam ruangan dalam waktu lama dan membusuk.Tentunya, ini bukan pilihan makanan yang tepat saat kamu sedang asyik menonton film.

#9 Kusaya

Ikan berbau tajam berikutnya berasal dari Jepang, yakni ikan yang di rendam dalam air garam, kemudian dikeringkan dibawah matahari. Hasil tangkapan dari air garam yang sama digunakan berkali-kali lagi, dan rupanya Kusaya terbaik berasal dari air garam yang telah digunakan ratusan tahun lamanya. Ingat juga, bahwa air garam ini bukan didinginkan tapi pada dasarnya di-fermentasikan dalam sebuah wadah selama berabad-abad lamanya. Ternyata, bukan hal yang mengejutkan juga ketika kata ‘Kusaya’ diterjemahkan kepada kata pertama yang terlintas di pikiran ketika melihatnya dari mana saja, yakni “yang bau”

#8 Surströmming

Ikan berikutnya yang tidak enak, fermentasi ikan swedia yang sangat berbahaya.Bahkan dalam situs milik pemerintah Swedia menyebutkan ikan ini memiliki bau yang menyengat seperti ikan busuk.Situs ini juga merekomendasikan agar kamu mencucinya terlebih dahulu sebelum menyajikannya, dan memperingatkan untuk membuka wadah kalengnya di luar ruangan. Namun, isinya akan lebih baik dinikmati saat berada di dalam ruangan, karena baunya yang menyengat dapat mengundang lalat.

#7 Hongeo

Ikan yang berasal dari Korea ini memiliki bau ikan yang membusuk.Hongeo hoe atau ikan merah hongeo, merupakan ikan mentah busuk dimana urin yang tersimpan di dalam daging ikan berubah menjadi ammonia. Faktanya, ammonia dapat menimbulkan rasa ingin muntah secara alami ketika seseorang mencium bau itu.Uniknya, ikan ini disajikan mentah, dan kelezatannya benar-benar menjadi sebuah tantangan bagi siapapun yang ingin menikmatinya.

#6 Keju Époisses de Bourgogne

Setelah ikan, bau khas dan aroma tajam berikutnya datang dari keju.Salah satu makanan favorit Napoleon, Époisses de Bourgogne yang biasa disebut “Rajanya Keju” oleh gastronom terkenal Jean Anthelme Brillat Savarin.Ternyata keju yang satu ini sangat berbau dan telah dilarang di transportasi umum di Perancis berdasarkan laporan BBC.

#5 Vieux Boulogne

Kelezatan keju dari Perancis Utara, Vieux-Boulogne, yang juga dikenaldengan sebutan Sablé du Boulonnais, tidak di-pasteurisasi, keju susu sapi dan aromanya sering di bandingkan dengan bau busuk atau kotoran. Pertama kali muncul di tahun 2004, seorang Ahli Penelitian di Universitas Cranfield di Bedfordshire, Inggris, membuatnya lebih lembut, dan krim keju yang sangat bau ini diuji coba kepada 15 orang Perancis dan Inggris.
Selain itu, pada tahun 2007, uji coba lanjutan dilakukan oleh institusi yang sama dengan menggunakan sensor ‘hidung elektronik’ yang akhirnya menegaskan status Vieux- Boulogne sebagai keju berbau tajam di dunia.

#4 Telur Pitan

Makanan berbau tajam yang tidak terkenal lainnya adalah telur.Beberapa orang tidak tahan pada bau telur, tapi mungkin tidak ada satupun orang yang tahan pada telur yang satu ini.Meskipun tidak secara harfiah diartikan sebagai telur tua berabad-abad lamanya, namun ternyata aromanya sama-sama tidak enak.Untuk menghasilkan telur ini, maka telur ayam, bebek atau burung puyuh dilumuri dengan lumpur dan garam (terkadang ditambahkan lemon, abu dan air teh), sebelum akhirnya direndam di dalam beras dan disimpan selama 3 tahun. Ketika dibuka, warnanya akan berubah menjadi hijau kehitam-hitaman. Teksturnya terasa lembut dan seperti gelatin dan menimbulkan bau seperti urin kucing.

#3 Durian

Yang paling mengejutkan dari daftar ini adalah buah.Hasil alami dan satu-satunya makanan dalam daftar ini yang tidak di-fermentasi, disimpan, dipasterisasi atau direndam dengan sesuatu yang tak lazim. Durian adalah buah asli Asia Tenggara, sering digunakan untuk membuat smoothies atau isi roti, dan disukai oleh orang karena kematangannya dan baunya yang tajam. Namun, buah ini sangat dibenci oleh Andrew Zimmern, pembawa acara‘Bizzare Foods’ di Travel Channel yang membandingkannya dengan bau bawang yang busuk. Selebriti koki Amerika,Anthony Bourdain menambahkan, “Durian meninggalkan bau seperti bau napas nenek tua.” Sementara itu, kritikus terkenal Richard Sterling mendeskripsikannya seperti kotoran babi dan bawang.Sebenarnya merupakan hal illegal ketika membawa durian menggunakan transportasi umum di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk taksi Thailand dan kereta di Singapura.Seperti makanan berbau tajam lainnya, banyak yang menyukai durian atau bahkan membencinya.

#2 Natto

Beralihke sayur-sayuran, Natto memiliki aroma bau yang paling tajam.Makanan Jepang yang berlendir, yang juga merupakan kedelai yang difermentasikan.Makanan ini biasanya dikonsumsi saat sarapan pagi sebagai pendamping nasi, isi sushi atau tambahan mie.Sedikit saus kedelai dan mustard cina ditambahkan sebelum kedelai dicampur dengan menggunakan sumpit, hingga menghasilkan banyak buih yang terasa lengket dan berlendir.Selain lengket dan penampilannya tidak menarik, Natto juga memiliki aroma kotor, serta berbau seperti kaus kaki yang berkeringat.Namun begitu, seseorang berhasil menyajikannya dengan versi yang berbeda dan bebas bau. Meyenangkan bukan?

#1 Tahu Bau (chòu dòufu)

Sesuai dengan namanya, tahu bau. Sebenarnya tahu segar ini dilumuri oleh fermentasi susu, daging, sayuran, dan makanan laut lainnya yang sudah kadaluwarsa. Banyak yang menyebutnya sebagai ‘tahu keju biru’ dan jenis tahu ini memang sangat populer di China, dimana telah dikenal di sebagai camilan di kalangan ‘street food’ di China. Bahkan Taiwan pun mengikuti tren ini. Faktanya, tahu bau ini benar-benar sangat menjijikan hingga Andrew Zimmern tidak mau memakannya.Dia mengatakan bahwa tahu bau merupakan satu-satunya makanan yang telah berhasil mengalahkannya.(fp/bh/sya)



 
   Berita Terkait > foodpanda
 
  foodpanda Meluncurkan Produk Terbaru untuk ‘Pelanggan Korporat’
  foodpanda Facts: Hal Aneh tentang Makanan di Pesawat
  Abadikan Momen Liburan, dan Nikmati Liburan (Lagi) Gratis ke Bali!
  Tukar Poin simPATI dan Nikmati Voucher foodpanda di Lebih dari 1.200 Restoran
  Jadilah Office Hero!! Dapatkan Makan Siang Gratis untuk Teman Sekantormu
 
ads1

  Berita Utama
Mudik Lebaran 2024, Korlantas: 429 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan

Kapan Idul Fitri 2024? Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 10 April, Ini Versi NU dan Pemerintah

Refly Harun: 6 Ahli yang Disodorkan Pihak Terkait di MK Rontok Semua

PKB soal AHY Sebut Hancur di Koalisi Anies: Salah Analisa, Kaget Masuk Kabinet

 

ads2

  Berita Terkini
 
Pengemudi Mobil Plat TNI Palsu Cekcok dengan Pengendara Lain Jadi Tersangka Pasal 263 KUHP

Apresiasi Menlu RI Tidak Akan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Selain Megawati, Habib Rizieq dan Din Syamsuddin Juga Ajukan Amicus Curiae

TNI-Polri Mulai Kerahkan Pasukan, OPM: Paniai Kini Jadi Zona Perang

RUU Perampasan Aset Sangat Penting sebagai Instrument Hukum 'Palu Godam' Pemberantasan Korupsi

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2