Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Gaya Hidup    
Bersepeda
Gubernur Anies Gowes Sepeda Temui Anak Yatim di Ancol
2019-09-15 05:30:22
 

Tampak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ditemani sang istri Fery Farhati saat bersepeda untuk menemui ratusan anak yatim di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara.(Foto: Reza Hapiz / Beritajakarta.id)
 
JAKARTA, Berita HUKUM - Ditemani sang istri Fery Farhati, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Sabtu pagi (14/9) sekitar pukul 08:09, mengayuh sepeda untuk menemui ratusan anak yatim di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara.

Gubernur Anies yang terlihat cukup sering akhir-akhir ini beberapa kali bersepeda pada saat bertugas kesehariannya, kali ini Anies mengenakan kaos warna biru bertuliskan Bagii Piring, Anies dan Ibu Fery serta beberapa pejabat di lingkungan Pemprov DKI, menggowes sepeda selama sekitar 20 menit dari Putri Duyung Resort ke Pantai Lagoon.

Sesampai di Pantai Lagoon, Anies dan rombongon disambut ratusan anak yatim. Senyum bahagia terpancar di wajah anak-anak itu, ketika Gubernur Anies menyapa dan bercengkerama dengan mereka.

"Senang banget bisa ketemu Pak Gubernur Anies. Orangnya baik dan ramah, tadi aku diberikan nasihat untuk semangat belajar dan terus meraih cita-cita," kata Eko, salah satu anak yatim yang hadir di acara ini.

Pada kesempatan ini, Gubernur akan melaunching program bersedekah melalui aplikasi berbagiipiring.id yang diprakarsai oleh Baznas Bazis DKI Jakarta.

Tampak hadir pula dalam kegiatan ini, Sekda DKI Saefullah, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko, serta beberapa kepala dinas.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri sekaligus membuka Lebaran Anak Yatim dan Program Berbagi Piring di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (14/9).

Menurut Anies, program Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring patut mendapat apreasiasi tinggi, karena merupakan terobosan baru dalam hal memberikan santunan kepada para anak yatim dan dhuafa.

"Ketika kita bicara tentang menyantuni anak yatim ini adalah salah satu peran yang berlangsung ribuan tahun. Konsekuensinya, kita sering melakukan ini dengan cara yang sama dan biasa kita kerjakan. Hari ini kita masuki babak baru, sebuah terobosan di mana kita menyantuni anak yatim dengan cara baru. Inilah tanda kemajuan dan inilah tanda kita mengatasi perubahan dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak," ungkap Anies dalam sambutannya, seperti dilansir dari PPID DKI Jakarta.

Untuk diketahui, Lebaran Anak Yatim terbagi menjadi dua segmen. Pertama, kegiatan jamuan makan siang untuk 4.200 anak yatim di 59 Restauran di seluruh wilayah DKI Jakarta yang diisi dengan cara edukatif dan inspiratif. Kegiatan kedua yang akan dilakukan bertajuk Wisata Ceria. Sebanyak 1.000 Anak Yatim dan pendampingnya akan berwisata ke lokasi wisata milik Pemprov DKI Jakarta, yaitu Taman Margasatwa Ragunan dan Kawasan Wisata Ancol. Mereka akan bermain bersama tokoh dan artis cilik.

Menariknya, kegiatan ini akan didampingi langsung oleh Anies serta para wali kota,bupati, camat serta lurah, yang bisa menjadi sosok inspiratif bagi anak yatim.

Anies pun memberikan apresiasi kepada para pihak yang terlibat dalam kolaborasi Lebaran Anak Yatim dan Berbagi Piring, seperti Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, ANTV, para pemilik restoran dan warung, serta warga yang nantinya dapat terlibat menjadi donatur dalam Program Berbagi Piring.

"Ini tugas kita bersama untuk membantu masyarakat yang pra sejahtera. Siapa saja bisa ikut menjadi donatur, termasuk resto dan warung yang akan jadi fasilitator. Kita apresiasi seluruh pihak yang terlibat, termasuk pemilik warung dan resto. Semoga usaha mereka makin maju dan membuka pintu rejeki lainnya," tutur Anies.

Seperti diketahui, Lebaran Anak Yatim biasa dilakukan sebagai bagian dari peringatan Muharram di Jakarta. Namun, konsep yang diimplementasikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini mengikutsertakan anak yatim dari berbagai agama dan suku dengan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian dalam kegiatan berbagi ini.

Sedangkan, untuk Program Berbagi Piring, merupakan program berbagi makanan dengan melibatkan pihak swasta dan masyarakat. Sebanyak 1.000 piring makanan didistribusikan ke warung-warung makan yang sudah bersedia terlibat dalam program ini.

Pada tahap awal, sebanyak 240 rumah makan bersedia mendukung program ini. Bahkan mereka ikut menyumbang beberapa piring di rumah makannya masing-masing setiap hari.

Nantinya, Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta akan menyeleksi masyarakat kurang mampu (terutama kaum fakir) yang bisa mendapatkan manfaat dari program ini, berdasarkan data dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan RT/RW setempat, khususnya mereka yang sudah mendapat kartu jaminan sosial, seperti Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ).

Nantinya, kartu tersebut akan diberi QR Code 'Bagii Piring' yang bisa dipergunakan untuk makan secara gratis di warung-warung makan yang sudah bekerja sama dengan program ini.(beritajakarta/bh/sya)



 
   Berita Terkait > Jakarta
 
  Bapenda DKI Jakarta Terapkan Sistem Online Pajak Reklame
  Dana KJP Cair, Bank DKI Imbau Nasabah Patuhi PSBB
  Kabar Melegakan, Gubernur Anies Baswedan Jamin Warga Non KTP DKI Juga Dapat Paket Bantuan
  Gubernur Anies Tanggapi Pemandangan Umum Fraksi DPRD DKI Jakarta Atas Raperda Retribusi Daerah
  Sekda DKI Apresiasi Keputusan Ketua Komisi Pengarah Soal Formula E
 
ads1

  Berita Utama
Ternyata Sebelum Ruslan Buton, Khoe Seng Seng Juga Sudah Lebih Dulu Minta Jokowi Mundur

Inilah Pernyataan Pers PP Muhammadiyah Tentang Pemberlakuan New Normal

Polri Siap Masifkan Protokol New Normal

Anies: Perpanjangan PSBB Jakarta Jadi Penentu Transisi Memulai 'New Normal'

 

ads2

  Berita Terkini
 
Sosialisasi Jamu Herbal Kenkona di Depok, Ketum HMS Centre Yakin Tak Sampai 5 Persen Terpapar Covid19 di Indonesia

Kabaharkam Serahkan Ribuan APD Covid-19 Bantuan Kapolri untuk RS Bhayangkara Polda Jawa Timur

Kasus Kondensat BP Migas - TPPI, Terdakwa: Pemberian Kondensat Kepada PT TPPI Berdasarkan Kebijakan Pemerintah

Dekan FH UII: Guru Besar Hukum Tata Negara Kami Diteror!

Lindungi Warga DKI, Anies Pasang Badan

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2