Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Lingkungan    
Banjir
Antisipasi Bencana Banjir dan Longsor, Wakapolda Gorontalo Meminta BPBD Provinsi Buat Job Desk
2020-01-07 09:32:18
 

Wakapolda Gorontalo Kombes Pol. Drs. Jaya Subrianto Saat Memimpin Rapat Terkait Penanganan Bencana Alam. (Foto: BH /ra)
 
GORONTALO, Berita HUKUM - Dalam rangka mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor, pagi tadi pukul 11.00 Wita di ruang vicon Polda Gorontalo berlangsung kegiatan Video Conference yang dipimpin langsung oleh Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H yang diikuti oleh seluruh Polda se-Indonesia dengan menghadirkan instansi TNI, BPBD, Basarnas dan Dinas terkait di masing-masing Provinsi yang berhubungan langsung dalam penanganan masalah bencana alam di Daerah.

Wakapolda Gorontalo Kombes Pol. Drs. Jaya Subriyanto dalam pengarahannya usai Vicon meminta kepada BPBD untuk membuat Job Desk sebagai pedoman bagi instansi lainnya dalam penanganan bencana.

"Dalam hal penanganan bencana alam, untuk tingkat pusat sebagai leading sektornya adalah BNPB sedangkan ditingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota sebagai ujung tombaknya adalah BPBD, oleh karena itu agar terkoordinir dengan baik, siapa berbuat apa, maka saya harapkan BPBD Provinsi segera membuat Job Discribtion (Jobdesk) sebagai pedoman bagi Polri, TNI, Basarnas, maupun instansi terkait lainnya saat menghadapi bencana khususnya di Wilayah Provinsi Gorontalo, jika semuanya terkoordinir dengan baik, maka disaat nanti dihadapkan pada kondisi bencana, masing-masing sudah siap apa yang harus dikerjakan,"ujar Jaya.

Selain itu Jaya juga meminta dilakukan pergelaran perlengkapan penanggulangan bencana berikut dengan simulasi tanggap bencana sebagai wujud kesiapan personel dalam menghadapi bencana alam.

"Kita semua berharap semoga di Gorontalo tidak terjadi bencana alam sebagaimana yang terjadi di wilayah lain, akan tetapi kita harus mempersiapkan segala sesuatunya jika memang bencana itu datang, oleh karena itu perlu dilakukan penggelaran peralatan penanganan bencana alam, dan juga latihan simulasi, agar selain peralatan siap, personel yang mengawaki pun juga siap dan tahu apa yang harus dikerjakan pada keadaan bencana," kata Jaya Subrianto.

Sementara itu dari Kepala BPBD Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Bapak Isnandar mengatakan bahwa BPBD sudah menindak lanjuti hasil rapat ditingkat pusat terkait antisipasi penanganan bencana alam di Wilayah Provinsi Gorontalo.

"Beberapa waktu lalu Kepala BPBD telah diundang di Jakarta untuk mengikuti rapat koordinasi guna mengantisipasi penanganan bencana alam, dan hal itu sudah kita tindak lanjuti dengan menggelar rapat koordinasi pada tanggal 28 Desember 2019 lalu yang dihadiri dari unsur Polri, TNI, Basarnas, dan instasi terkait lainnya, kita juga sudah menyiapkan posko Siaga di kantor, dan kami berharap di masing-masing satuan juga menyiapkan posko siaga," ujar Iskandar.

Iskandar menambahkan bahwa dalam antisipasi penanganan bencana perlu pelatihan manajemen posko, manajemen dapur umum, manajemen evakuasi, maupun pelatihan manajemen penanganan bencana.

"Saat terjadi bencana, tentu kita harus pikirkan bagaimana nasib korban, mulai evakuasi, penyiapan lokasi pengungsian, hingga penyediaan dapur umum, hal ini tentu perlu dilatih dan disimulasikan sehingga para personel paham apa yang harus dikerjakan," ujarnya.

Selanjutnya dari Basarnas Bapak Djefri mengatakan bahwa pihaknya siap kapan saja jika dibutuhkan.

"Pada prinsipnya kami dari Basarnas siap dilibatkan dalam penanganan bencana sebagaimana tugas pokok kami untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban, Disaat ada informasi orang hilang/hanyut /tenggelam, kami akan turunkan Tim untuk mencari dan evakuasi korban," ujar Djefri.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK menambahkan bahwa Polda Gorontalo beserta jajarannya telah melakukan antisipasi dalam penanganan bencana.

"Bapak Kapolda pada akhir Desember kemarin telah memerintahkan Sabhara, Brimob dan Pol Air untuk menggelar peralatan tanggap bencana, selain itu di Dit Sabhara, Satbrimob dan Dit Pol Air juga telah disiapkan Posko Siaga bencana, hal tersebut sebagai langkah antisipasi apabila terjadi bencana alam di wilayah Provinsi Gorontalo, tadi Wakapolda usai vicon juga sudah memberikan arahan untuk kembali dilakukan pergelaran secara lengkap semua instasi yang berhubungan langsung dengan penanganan bencana, dan beliau Wakapolda juga meminta untuk disimulasikan, agar semua peralatan dan juga personel siap, apabila dihadapkan pada kejadian bencana, dan tentu kita berharap melalui do'a semoga di Wilayah Provinsi Gorontalo terbebas dari bencana alam, Aamiin," ujar Kabid Humas.(bh/ra)




 
   Berita Terkait > Banjir
 
  Aksi Demo Banjir Jakarta, Tiga Warga Pembawa Alat Peraga Dilaporkan ke Polisi
  Demonstran Pro Anies: Jokowi Lebih Bertanggung Jawab Soal Banjir
  Legislator Dorong Pemerintah Pusat Fokus Lakukan Mitigasi Bencana
  Para Elang 24 Bersinergi Antar Komponen Masyarakat Peduli Banjir Bandang Lebakgedong Banten
  Cek Hujannya, Ukur Dampaknya, Kenali Pemimpinnya
 
ads1

  Berita Utama
Pasangan Suami Istri Ini Berhasil Gasak 100 Motor Sejak 2018

Polda Metro Jaya Ungkap Praktik Klinik Injeksi 'Stem Cell' Ilegal

Ini Kata Prof Yusril Soal Polemik Penundaan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih Kabupaten Talaud

Kawal Skandal Korupsi Jiwasraya, KAKI Desak Kejagung Tetapkan dan Tahan Tersangka

 

ads2

  Berita Terkini
 
Bantuan Ayam Super di Kabgor Banyak Mati, Distributor Terkesan Lepas Tangan

ALPEKSI Siap Kawal Visi SDM Unggul Indonesia Maju

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei Bela Angkatan Bersenjata

Law Firm FAS dan Lapas Tebing Tinggi Gelar Konsultasi Hukum Gratis Bagi Warga Binaan

Pasangan Suami Istri Ini Berhasil Gasak 100 Motor Sejak 2018

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi & Marketing
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2